Senin, 30 Agustus 2010

Kristen di Bosnia

 Bosnia dan Herzegovina, juga dikenal sebagai Republik Bosnia dan Herzegovina, adalah sebuah negara di semenanjung Balkan di selatan Eropa seluas 51.129 km² (19.741 mil2) dengan jumlah sekitar empat juta penduduk. Negara Bosnia dikenal dalam bahasa resminya sebagai Bosna i Hercegovina dalam huruf Latin dan Босна и Херцеговина dalam huruf Sirilik; namun biasanya, dipendekkan menjadi Bosnia, BiH atau БиХ .
Negara ini didiami oleh tiga kelompok etnik yang utama: Bosnia, Serbia dan Kroasia. Warga Bosnia secara umum dikenali sebagai Bosnians dalam bahasa Inggris tanpa memandang bangsa mereka. Pemerintahan negara ini dilakukan secara terpencar dan negara Bosnia sebenarnya terdiri dari persekutuan dua buah wilayah yang utama, yaitu, Federasi Bosnia dan Herzegovina dan Republika Srpska.
Dibatasi oleh Kroasia di utara, barat dan selatan, Serbia di timur, dan Montenegro di selatan, Bosnia dan Herzegovina adalah sebuah negara yang dikelilingi oleh daratan kecuali pesisir pantai Laut Adriatik yang sepanjang 20 km yang berpusat di kota Neum. Pedalaman negara ini penuh dengan pegunungan dan juga sungai yang kebanyakan tidak bisa ditempuh. Ibukota yang sekaligus kota terbesar ialah Sarajevo.

Menurut sensus 1991, di negara ini memiliki populasi 4.377.033. Etnis, 1.902.956 (43%) adalah Muslim, 1.366.104 (31%) Serbia, dan 760.852 (17%) Kroasia, dengan 242.682% (6) Yugoslavia. Sisanya 2% dari penduduk - berjumlah 104.439 - terdiri dari berbagai etnis lainnya. 99% dari populasi berbicara Bahasa Serbo-Kroasia. Menurut data 2000 dari CIA World Factbook, kelompok terbesar etnis Bosnia Bosnia (48%), Serbia (37,1%) dan Kroasia (14,3%). [51] Ada hubungan kuat antara identitas etnis dan agama di Bosnia dan Herzegovina: Islam merupakan 45% dari populasi, Serbia Ortodoks 36%, Katolik Roma 15%, dan kelompok lainnya, termasuk orang-orang Yahudi dan Protestan, 4%.

 Bosnia berada di batas antara Katolik Roma dan Ortodoks Timur gereja.  The Kroasia ke Barat dan Hongaria ke Utara memeluk Katolik Roma, sedangkan tanah Serbia ke kecil bagian tenggara dan timur Herzegovina memeluk Ortodoksi Timur.
Selama Abad Pertengahan sebagian besar Bosnia sebagian Katolik Roma juga [ rujukan? ], tetapi tidak ada angka yang akurat mengenai jumlah penganut kedua gereja. Gereja Bosnia gelisah hidup berdampingan dengan Gereja Katolik Roma untuk banyak Abad Pertengahan.  Bagian dari perlawanan Gereja Bosnia itu politik; selama abad ke-14, Gereja Roma ditempatkan Bosnia di bawah seorang uskup Hungaria, dan skisma mungkin telah termotivasi oleh keinginan untuk merdeka dari dominasi Hungaria.  Beberapa penguasa Bosnia Krstjani, tetapi beberapa dari mereka memeluk Katolik Roma karena alasan politis.
Menuduh orang luar Gereja Bosnia link ke Patarene bidaah, dan untuk Bogomils , sebuah Manichean sekte yang berpusat di Bulgaria.  Inkuisisi melaporkan tentang dualis sekte di Bosnia pada abad ke-15 dan memanggil mereka "Bosnia bidah ", tetapi sekte ini menurut beberapa sejarawan kemungkinan besar tidak sama dengan Gereja Bosnia. . Sejarawan Franjo Rački menulis tentang ini pada tahun 1869 berdasarkan sumber-sumber Latin.
Diperkirakan hari ini bahwa Patareni, yang dianiaya baik oleh Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur, yang seluruhnya dikonversi ke Islam . . Beberapa sejarawan sekarang percaya bahwa Gereja Bosnia telah sebagian besar menghilang sebelum Turki penaklukan pada 1463.
Pusat keagamaan Gereja Bosnia ditempatkan di Moštre, dekat Visoko , di mana rumah krstjani didirikan.
Krstjani ("Kristen").

Fenomena Kristen Abad Pertengahan Bosnia telah menarik perhatian para sarjana selama berabad-abad, tapi tidak sampai paruh kedua abad ke-19 bahwa monografi paling penting tentang hal itu, "Bogomili i Patareni" ( Bogomils dan Patarens), 1870, oleh Kroasia unggulan sejarawan Franjo Rački , telah diterbitkan.  Rački berpendapat bahwa Gereja Bosnia pada dasarnya Gnostik dan Manichaean di alam. . Penafsiran ini telah diterima, diperluas dan diuraikan di atas oleh sejumlah sejarawan kemudian, yang paling menonjol di antara mereka yang Dominik Mandić , Sima Ćirković , Vladimir Ćorović , Miroslav Brandt dan Franjo Šanjek . . Namun, sejumlah sejarawan lainnya ( Leon Petrović , Jaroslav Šidak , Dragoljub Dragojlović , Dubravko Lovrenović , dan Noel Malcolm ) menekankan karakter teologis yang ortodoks tanpa cela dari tulisan-tulisan Kristen Bosnia dan menyatakan bahwa untuk penjelasan fenomena ini cukup relatif terisolasi Kristen Bosnia , yang mempertahankan banyak ciri-ciri kuno yang mendahului Skisma Timur-Barat pada tahun 1054. John Fine, Profesor Sejarah di Universitas Michigan, merevolusi beasiswa sekitar Gereja Bosnia dengan pekerjaan penting nya, Gereja Bosnia.. Dalam pekerjaan itu, ia berpendapat bahwa Gereja Bosnia tidak terkait dengan dualisme Bogomils atau kelompok lain. Sebaliknya, ia menegaskan bahwa gereja sebenarnya didirikan oleh Rahib Fransiskan dari Gereja Katolik.


Bosnia Herzegovina merupakan bagian dari kerajaan Ottoman dari th 1463 -1908.
Macedonia juga bagian dari kerajaan Ottoman. Konsentrasi Muslim terbesar sekarang adalah di Bosnia Herzegovina, 37% dari jumlah penduduk 4 juta {tetapi mereka ini tidak menyebut diri Muslim, tetapi ‘Bosniaks’ dan secara umum tidak mempraktekkan Islam – mereka lebih khas Eropa}.
jadi gelombang murtad sangat mungkin terjadi di negara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar