Senin, 30 Agustus 2010

Kristen di Ethiopia

  Ethiopia (pengucapan / ˌ ː i θioʊpiə / ) ( Ge'ez : ኢትዮጵያ ʾ Ītyōṗṗyā) adalah sebuah negara yang terkurung daratan yang terletak di Tanduk Afrika . . Resmi dikenal sebagai Republik Demokratik Federal Ethiopia, adalah yang paling padat penduduknya bangsa-kedua di Afrika dengan lebih dari 79.200.000 orang [5] dan-kesepuluh terbesar menurut luas wilayah dengan km-nya 1.100.000 2.  Ibukotanya adalah Addis Ababa . . Ethiopia berbatasan dengan Eritrea di utara, Sudan di sebelah barat, Djibouti , dan Somalia di timur, dan Kenya di selatan.
Meskipun sebagian besar negara-negara Afrika, dalam bentuk modern mereka, kurang dari satu abad lama, Ethiopia telah menjadi negara merdeka sejak zaman kuno, yang satu negara tertua di dunia . Sebuah monarki untuk sebagian besar sejarahnya, dinasti Ethiopia jejak akarnya ke 2 SM abad. 

 The Book of Aksum , sebuah Ge'ez kronik disusun dalam abad ke-15, menyatakan bahwa Ge'ez nama ʾ Ītyōṗṗyā, Ethiopia, berasal dari "' Ityopp'is "- seorang anak (yang tidak disebutkan dalam Alkitab) dari Kusy, putra Ham , yang menurut legenda mendirikan kota Axum . Pliny the Elder  juga mengikuti tradisi bahwa bangsa ini mengambil namanya dari seseorang bernama Aethiops . . Sebuah etimologi yang berbeda disarankan oleh almarhum Ethiopia penyair Tsegaye Gabre-Medhin menelusuri Ethiopia nama ke "hitam Mesir" kata-kata Et (Kebenaran dan Perdamaian) Op (tinggi atau atas) dan Bia (tanah, negara), atau "tanah lama lebih tinggi perdamaian ".   Ethiopia-sarjana rokok sedini Henry Liddell menurunkan Ge'ez nama ʾ Ītyōṗṗyā dan serumpun Inggrisnya dari Yunani Αἰθιοπία kata, Aithiopia, dari Αἰθίοψ, Aithiops, 'sebuah Ethiopia', berasal dari kata pada gilirannya Yunani yang berarti "wajah dibakar" . 
. Nama geografis, dalam bentuk Αἰθιοπία bahasa Yunani, muncul dua kali dalam Iliad dan tiga kali dalam Odyssey . Sejarawan Yunani Herodotus khusus menggunakannya untuk seluruh wilayah selatan Mesir, termasuk Sudan dan Ethiopia modern.
Nama Ethiopia juga terjadi di banyak terjemahan dari Perjanjian Lama, tetapi teks Ibrani telah Kush , yang merujuk terutama untuk Nubia / Sudan.. Di (Yunani) Perjanjian Baru, namun Aithiops istilah Yunani, 'sebuah Ethiopia' , tidak terjadi, mengacu pada hamba Candace atau Kentakes , mungkin seorang warga Meroe yang kemudian ditaklukkan oleh Kerajaan Axum .. Penggunaan dibuktikan paling awal dari nama Ityopya di daerah itu sendiri adalah sebagai nama untuk Kerajaan Aksum di abad ke-4, di batu prasasti Raja Ezana yang pertama kali dikristenkan seluruh aparat kerajaan.
Dalam bahasa Inggris, dan umumnya di luar Ethiopia, negara itu juga pernah sejarah dikenal sebagai Abyssinia , berasal dari Habesh, sebuah awal Arab bentuk Ethiosemitic nama "Ḥabaśāt" (unvocalized "ḤBŚT").  Bentuk modern Habesha adalah nama asli untuk negara penduduk (sementara negara telah disebut "Ityopp'ya").  Dalam beberapa bahasa, Ethiopia masih disebut dengan nama seasal dengan "Abyssinia," misalnya.., Modern Arab Al-Habasyah, yang berarti tanah orang Habasha.
Istilah ini Habesha Tegasnya, hanya merujuk kepada kelompok yang berbahasa Semit, khususnya Amhara dan Tigray Tigrinya-orang yang secara historis mendominasi politik negara, serta Gurage dan masyarakat kecil lainnya seperti Harari di Ethiopia timur. Namun, di Ethiopia kontemporer, kata Habesha kadang-kadang digunakan untuk menjelaskan seluruh Etiopia dan Eritrea. [ rujukan? ] Abyssinia ketat dapat merujuk hanya ke provinsi barat laut Ethiopia Amhara dan Tigray , serta pusat Eritrea , sementara itu secara historis digunakan sebagai nama lain dari Ethiopia.


Ethiopia telah dekat hubungan historis untuk semua tiga dunia utama  . Ini adalah salah satu negara Kristen pertama di dunia, setelah resmi diadopsi Kristen sebagai agama negara pada abad ke-4. . Ia masih memiliki mayoritas Kristen, tetapi sepertiga dari penduduk adalah muslim .  . Ethiopia adalah tempat pertama hijrah dalam sejarah Islam dan Muslim pemukiman tertua di Afrika di Negash .Sampai tahun 1980-an, populasi besar orang Yahudi Ethiopia tinggal di Ethiopia yang sering di sebut FALASHA . Negara ini juga merupakan tanah air spiritual dari gerakan keagamaan Rastafari , yang dipengaruhi oleh Pan-Africanism .



    Jemaat Etiopia mengklaim bahwa salah satu gereja nya, Bunda Maria Maria dari Sion , adalah tuan rumah asli Tabut Perjanjian yang Musa dilakukan dengan Israel selama Keluaran . Namun, hanya satu pastor yang dibolehkan masuk gedung tempat Tabut ini terletak, seolah-olah karena Alkitab peringatan berbahaya.  Akibatnya, para sarjana internasional keraguan bahwa bahtera asli benar-benar ada, meskipun kasus telah dikemukakan oleh penulis kontroversial populer Graham Hancock dalam bukunya The Sign dan penutup . Sepanjang Ethiopia, gereja-gereja Ortodoks tidak dianggap gereja sampai uskup setempat memberi mereka tabot , replika dari tablet dalam bahtera asli dari Kovenan.. tabot ini setidaknya enam inci (15 cm ) persegi dan terbuat dari pualam , marmer , atau kayu (lihat akasia ). Itu selalu disimpan di penutup hiasan di atas mezbah.  Hanya imam yang diizinkan untuk menyentuh tabot . Dalam prosesi yang rumit, tabot yang dilakukan di sekitar bagian luar gereja di tengah lagu gembira dan pada hari raya senama bahwa gereja tertentu itu.  Pada hari raya besar T'imk'et , yang dikenal sebagai Epiphany atau Teofani di Eropa; kelompok gereja mengirim mereka tabot s untuk merayakan kesempatan pada lokasi umum di mana kolam air atau sungai terletak.

2 komentar:

  1. bahasanya membingungkan , seperti bahasa terjemahan dari mesin yang tidak diedit ulang

    BalasHapus
  2. Ethiopia negara tua yang kini tertinggal dalam banyak hal

    BalasHapus