Kamis, 26 Agustus 2010

Kristen di jepang

Agama di Jepang cenderung bersifat sinkretisme dengan hasil berupa berbagai macam tradisi, seperti orang tua membawa anak-anak ke upacara Shinto, pelajar berdoa di kuil Shinto meminta lulus ujian, pernikahan ala Barat di kapel atau gereja Kristen, sementara pemakaman diurus oleh kuil Buddha. Penduduk beragama Kristen hanya minoritas sejumlah (2.595.397 juta atau 2,04%). Kebanyakan orang Jepang mengambil sikap tidak peduli terhadap agama dan melihat agama sebagai budaya dan tradisi. Bila ditanya mengenai agama, mereka akan mengatakan bahwa mereka beragama Buddha hanya karena nenek moyang mereka menganut salah satu sekte agama Buddha. Selain itu, di Jepang sejak pertengahan abad ke-19 bermunculan berbagai sekte agama baru (Shinshūkyō) seperti Tenrikyo dan Aum Shinrikyo (atau Aleph).

Kristen adalah agama minoritas di Jepang, dengan mana saja dari 1%  sampai 2%  dari populasi menyatakan Kristen kepercayaan atau afiliasi.. Meskipun demikian, beberapa kebiasaan Kristen menikmati popularitas outsize antara populasi umum di Jepang.  . Hampir semua yang dikenal tradisional denominasi Kristen, termasuk Katolik Roma , Protestan , dan Kristen Ortodoks diwakili di Jepang hari ini, dengan tidak ada pembatasan pada penginjilan . . Akar kata dalam bahasa Jepang untuk Kekristenan (キリスト Kirisuto-kyō ? ) berasal dari transkripsi katakana Jepang dari kata Kristus kirisuto ? ) dan kata dalam bahasa Jepang untuk doktrin kyō ? , sebuah pengajaran atau ajaran)

Jepang tetap salah satu negara paling sekuler di dunia menurut Survei Nilai Dunia .  Sementara mungkin ada sampai 3 juta orang Kristen Jepang,  Kristen di Jepang adalah retak banyak di antara afiliasi kelompok keagamaan. . 70% dari gereja-gereja Jepang memiliki kehadiran rata-rata kurang dari 30, meskipun keanggotaan ganda angka ini.  Namun, unsur-unsur tradisi Kristen telah menjadi populer di Jepang, meskipun kehilangan beberapa signifikansi keagamaan mereka dalam proses tersebut.

Gereja Katolik di Jepang adalah bagian dari Gereja Katolik sedunia, di bawah pimpinan rohani Sri Paus dan Kuria di Roma. Diperkirakan terdapat 509.000 jiwa umat Katolik di Jepang - di bawah 0,5% dari keseluruhan populasi. Ada 16 keuskupan, termasuk 3 keuskupan agung dengan 1.589 imam dan 848 paroki di seluruh Jepang. Para uskup Jepang membentuk Konferensi Waligereja Katolik Jepang, Konferensi waligereja negara itu.

Nuncio Apostolik untuk Jepang saat ini adalah Uskup Agung Alberto Bottari de Castello dari Italia. Archbishop Bottari de Castello merupakan duta besar Tahta Suci untuk Jepang sekaligus wakil Tahta Suci untuk Gereja Katolik setempat.
Dalam Hideyoshi dan kemudian di bawah berikutnya Keshogunan Tokugawa , Kristen Katolik adalah pengikut ditekan dan dianiaya. Selama masa ini, banyak orang Kristen tewas di Jepang, beberapa oleh penyaliban ; paling terkenal, yang 26 martir Jepang disiksa dan disalibkan di salib luar Nagasaki untuk mencegah Kristen di 1597.Setelah jeda singkat yang terjadi sebagai Tokugawa Ieyasu naik ke tampuk kekuasaan dan perdagangan mengejar dengan kekuatan-kekuatan Iberia, ada penganiayaan lebih lanjut dan martyrdoms pada 1613, 1630, dan 1632.  Pada titik ini, setelah Pemberontakan Shimabara , orang-orang Kristen yang tersisa terpaksa publik meninggalkan iman mereka.  . Banyak Kristen terus berlatih secara rahasia, di zaman modern menjadi dikenal sebagai " orang Kristen tersembunyi "(隠れ kirishitan kakure ? ). . Orang percaya ini sering menyembunyikan rahasia ikonografi Kristen dalam menutup tempat-tempat suci , lentera atau bagian bangunan mencolok. . Sebagai contoh, Istana Himeji memiliki salib Kristen di salah satu atap genteng abad ke-17, pada tempat yang Sen , menunjukkan bahwa salah satu penghuninya adalah seorang Kristen rahasia.  Diambil dari sejarah lisan masyarakat Katolik Jepang, Shusaku Endo 's novel sejarah yang terkenal " Diam "menyediakan rinci fiksi rekening penganiayaan masyarakat Kristen dan penindasan Gereja.
Selama misi Katolik pertama dari abad ketujuh belas, beberapa orang termasuk peringkat tinggi dikonversi Dom Justo Takayama dan Hosokawa Gracia .. Di antara yang asli 26 martir Jepang , Paulo Miki adalah yang paling terkenal. . Katolik menghormati dia sebagai salah satu orang kudus pelindung Jepang.  Kekristenan dalam periode Meiji melihat beberapa pendidik utama dan mengkonversi Kristen sebagai berikut:
  •   (内村鉴 Kanzō Uchimura ? ), Protestan, seorang kepala sekolah kepala Sekolah Tinggi Pertama.  Dia juga adalah pendiri gerakan Nonchurch , salah satu gerakan Kristen awal Jepang asli. His autobiography Why have I become a christian? ( 我は何故基督教徒になりし乎 ware wa naze kirisutokyōto ni narishi ka ? ) ,. autobiografi Nya Mengapa saya menjadi seorang christian 乎? (我は何故基督教徒に ware wa tanjung berkarang kirisutokyōto narishi ka ni ? ), dengan fokus pada konversi nya dipengaruhi generasi muda pada masa itu.
  • Joseph Hardy Neesima ( Jō Nījima ) ( 新島襄 Nījima Jō ? ) , . Joseph Hardy Neesima ( JO Nījima ) (新岛 Nījima JO ? ), seorang Protestan dan pendiri Universitas Doshisha .
  • Nitobe Inazō ( 新渡戸稲造 Nitobe Inazō ? )  . Nitobe Inazō (新渡戸稲 Nitobe Inazō ? ), seorang Protestan dan pendiri Tokyo Woman's Christian University .
  • Umeko Tsuda ( 津田梅子 Umeko Tsuda ? ). Umeko Tsuda (津 Umeko Tsuda ? ), seorang Protestan dan pendiri Joshi Eigaku Juku (hari ini Tsuda College ).
  . Pada abad kedua puluh, dua kontributor utama Kristen Protestan teologi muncul di Jepang: Kosuke Koyama (小山晃 Koyama Kosuke ? ), yang telah digambarkan sebagai kontributor utama bagi Kristen global, dan Kazoh Kitamori (北森嘉 Kitamori Kazō ? ) , yang menulis The Pain Teologi Allah (神の痛みの Kami tidak Itami shingaku tidak ? ). Social rights activist and author Toyohiko Kagawa ( (賀川豊彦 Kagawa Toyohiko ? . hak Sosial aktivis dan penulis Toyohiko Kagawa ((贺川豊彦Kagawa Toyohiko ? ) yang dicalonkan untuk kedua Nobel Perdamaian dan Hadiah Nobel dalam Sastra, juga menjadi dikenal di luar Jepang. 
 
. Abad kedua puluh juga melihat dua novelis Kristen terkenal: Miura Ayako (三浦绫 Miura Ayako ? , 1922-1999) adalah seorang penulis Protestan dikenal karena karya-karyanya, salah satu yang paling berpengaruh Shiokari Pass (塩狩 toge shiokari ? , 1968) [ rujukan? ]. Shusaku Endo (远藤周 Endo Shusaku ? ) adalah seorang novelis Katolik terkenal karena karya-karyanya yang berfokus pada Kristen di Jepang, termasuk Diam (沉 chinmoku ? ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar