Kamis, 26 Agustus 2010

Kristen di arab saudi


Sebagian besar penduduk Arab Saudi adalah beragama Islam Sunni. Sekitar 15%  dari warga Muslim Syiah, yang sebagian besar tinggal di Provinsi Timur, dengan konsentrasi terbesar di Qatif, Al-Ahsa, dan Dammam, konsentrasi besar ditemukan di Najran, di samping sebuah minoritas kecil di Madinah. Islam adalah agama yang mapan, dan sebagai lembaga yang seperti menerima dukungan pemerintah.
Populasi Non-Muslim Arab Saudi secara dominan ditemukan pada populasi pekerja asing. Arab Saudi memiliki populasi luar negeri diperkirakan sebesar 8 juta, yang sebagian besar adalah Muslim. Populasi asing dilaporkan mencakup 1.500.000 orang India, 1,5 juta warga Bangladesh, 1.200.000 warga Filipina, 1 juta warga Pakistan, 1 juta orang Mesir, 600.000 warga Indonesia, 400.000 warga Sri Lanka, 350.000 warga Nepal, 250.000 orang Palestina, 150.000 warga Lebanon, 100.000 warga Eritrea, dan 30.000 orang Amerika. statistik Komprehensif untuk agama asing tidak tersedia, namun mereka termasuk orang Muslim dari berbagai cabang dan sekolah-sekolah Islam, Kristen, dan Hindu.

Akan tetapi terjadi perubahan yang tak kelihatan dalam demografi agama di Saudi Arabia. Di pertengahan tahun 2000, menurut Ensiklopedia Kristen Dunia (= EKD atau World Christian Encyclopedia), terdapat 21.607.000 jiwa di Saudi Arabia. Sekitar 93,7% atau 20.251.925 orang adalah Muslim. 3,7% (798.000 jiwa) adalah Kristen. Di pertengahan 2025, diperkirakan populasi Saudi Arabia akan mencapai 39.965.000 jiwa, dan yang Muslim berjumlah sekitar 90.9%. Sekitar 4.8% (1.900.000) dari populasi ini adalah Kristen.
Sebuah artikel Koran tanggal 17 Desember, 2004 menyatakan:
Seorang warga Saudi yang murtad dan lalu memeluk Kristen ditangkap dan dipenjara. Emad Alaabad ditangkap di Hofuf di bagian Selatan Saudi Arabia. Sumber local yang dikutip menyatakan bahwa “Emad bukanlah satu²nya Saudi Kristen yang dipenjara saat itu. Ada beberapa orang lainnya.”
Fatima bint Mohamed bin Uthman Al-Mutairi adalah wanita Saudi berusia 26 tahun dan dia adalah salah seorang dari orang² Saudi Kristen yang mengambil keputusan mengumumkan pemurtadan mereka pada keluarga mereka. Hal ini ternyata menjadi hal yang terakhir baginya. Fatima dibunuh oleh saudara lakinya yang adalah anggota Polisi Moral Saudi. 

Orang yang dituduh menghujat Islam akan dijatuhi hukuman mati. Muslim murtad dan ajakan murtad oleh kafir juga akan dihukum mati.

Terdapat tiga jenis gereja di Saudi Arabia:
1. Gereja² yang ditoleransi dan berada di gedung² kedutaan besar asing.
2. Gereja² bawah tanah yang dikelola oleh orang² Kristen non-Saudi.
3. Gereja² rumah tersembunyi yang dikelola oleh orang² Saudi Kristen dan tidak pernah berkumpul dalam jumlah besar.

Gereja nomer 1 diijinkan karena terletak dalam kedutaan² besar dank arena orang² Kristen melakukannya diam² dan tidak boleh mengajak warga Saudi. Gereja nomer 2 beranggotakan warga pendatang non-Saudi yang beragama Kristen. Gereja nomer 3, nah ini dia, adalah gereja rahasia yang beranggotakan warga Saudi yang sangat merahasiakan identitas mereka. Para warga Saudi Kristen hidup di dunia rahasia yang tak diketahui oleh keluarga dan Pemerintah Saudi. Mereka termasuk orang² Kristen yang tetap bergaul dengan warga Islam tapi diam² mendengarkan siaran radio Kristen dari Seychelles dan Ecuador. Mereka diam² bertemu di rumah² rahasia yang dijadikan gereja di Jedah, Mekah, Taif, sampai perbatasan Yemen dekat Laut Merah. Warga Saudi Kristen bergabung secara rahasia dengan orang² Arab Kristen yang tinggal di negara² Arab sekitar yang lebih toleran, misalnya Bahrain. Mereka berkomunikasi dengan bahasa kode agar tak tertangkap Polisi Moral Saudi. Mereka tidak diketahui masyarakat umum dan di tahun 1995 diperkirakan jumlah mereka mencapai puluhan ribu.

104 komentar:

  1. semoga arab dapat menerima Yesus sebagai Juruslamat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji Tuhan Yesus kristus. Amin

      Hapus
    2. Sayangnya di agama islam mengakui kalo isa al masih adalah sang messiah/juru selamat karena isa as akan menyelamatkan umat dunia akan kejahatan dari dajjal yang menyesatkan. Ditambah lagi beliau/isa al masih adalah rasul utusan Allah (menurut agama islam). Share info aja biar tahu. Salam damai :)

      Hapus
    3. Tobat gan!!! Mau duit??? Doa and usaha (kerja)

      Hapus
  2. Smoga orng keristen di arab cepat2 mati sudah mengotori tanah suci

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau diarab tanah sucinya bagaimana lagi tanah busuknya.

      Hapus
    2. Biarlah TUHAN yang akan menghukum orang2 yang mendoakan kematian bagi sesamanya

      Hapus
    3. kristen..bkn keristen..bru nulisny aja bkn org yg terpelajar...jd belajar dlu ajalah kau bro...bru kau bertobat..

      Hapus
    4. Ingat hanya Yesus kristus juruselamat bagi manusia,puji Tuhan Yesus kristus.amin.

      Hapus
    5. Aaamiin,itukan tempat nya orang beribadah (islam) bahkan di masjidil haram bisa menampung 1,1M orang di sana (lihat aja di google) belum yang ada di masjid nabawi(800 jt),masjidil aqsa dan orang yang belum bisa kesana banyak banget kan orang muslim (ilove muslim)bahkan ada surat yang menyatakan sembahlah ALLAH yaitu surat
      1. Sembahlah allah yang maha esa
      2. Jangan lah kau menyembah yang lain (selain ALLAH)
      3.Allah adalah tuhan yang benar
      Lagian,yang membuat kitab injil adalah nabi isa a.s,taurat nabi daud dan al-qur'an nabi Muhammad

      Hapus
  3. saya dukung semua umat manusia beragama kristen kerena klw agama islam ntar bacanya bismilah yang sering saya dengar diucapkan dukun2 sebelum membaca mantra dukun selalu menyebut bismilah waktu itu saya heran ko dukun sama yang di agama islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti itu yang kamu lihat karena masyarakat indonesia mayoritas muslim jadi dukun hanya ingin memberi sugesti lebih. padahal dalam Islam sudah jelas mengharamkan menggunakan itu dalam prektik kesyirikan.
      jangan melihat umat suatu agama jika ingin mengetahui seperti apa agam itu, pelajarilah ajaran agama tersebut maka akan kamu ketahui seperti apa hukun2 dan adab2 suatu agama.

      selerti halnya bible yang terkadang digunakan oleh paranirmal/dukun di negara2 mayoritas masrani.

      Hapus
    2. Dukun itu bkn ajaran islam...di brazil yg negara kafir (kristen) lbh banyak dukunnya drp di indonesia

      Hapus
    3. Eh Raw.. Enak aja lo kalo ngomong bilang kristen kafir,apa agama lo sudah benar? ingat juruselamat itu hanya Yesus kristus.

      Hapus
    4. @andri emangnya Yesus itu beragama Kristus? Lol

      Hapus
    5. @donze08 pernah sekolah apa gk bro...kristen agama pengikut TUHAN YESUS...KRISTUS arti nya Juruselamat...Roh ALLAH yg menjadi manusia...Kalimatulloh...Dia adalah yg awal dan akhir...Hakim Agung...king of king...Dia akan turun ke dunia untuk mengadili setiap manusia di penghakiman akhir...

      Hapus
  4. "YAHWEH ECHAD" = Allah YAHWEH Yang Esa adalah Allah Trinitas yang terdiri dari;

    = BAPA YAHWEH + CAHAYA YAHWEH + ROH YAHWEH

    1). --- SIAPAKAH ALLAH BAPA ? =

    ALLAH BAPA seperti matahari dalam sorga, adalah hypostasis pertama yang disembah sebagai YAHWEH1 dalam Alkitab Perjanjian Lama - Kitab Taurat Musa, Keluaran 33.

    Allah Bapa (YAHWEH) berfirman:

    19 "AKU akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan Nama YAHWEH di depanmu: AKU memberi kasih karunia kepada siapa yang AKU beri kasih karunia, dan AKU mengasihani siapa yang Kukasihani."

    20 Lagi firman-Nya:
    "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku sebab tidak ada orang yang memandang AKU dapat hidup." --

    21 Berfirmanlah YAHWEH (Allah Bapa):

    "Ada suatu tempat dekat-Ku di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu;
    22 apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku sampai Aku berjalan lewat.
    23 Kemudian Aku akan menarik tangan- Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah- Ku tidak akan kelihatan."

    2). --- SIAPAKAH ANAK ALLAH atau TUHAN YESUS PRA-INKARNASI?

    CAHAYA YAHWEH adalah Anak Allah (Amsal Salomo 8:22-36) yang keluar sejak kekal dari dalam diri Allah Bapa, disebut eternal generation. Dalam teologia Kristen disebut 'filiologi' atau diperanakkan sejak kekal.

    Sebagai perbandingan adalah seperti cahaya matahari yang senantiasa memancar keluar dari matahari sejak zaman kekekalan.

    Allah Bapa mengutus CAHAYA YAHWEH atau Tuhan Yesus pra-inkarnasi untuk memimpin nabi Musa melawan Firaun dan untuk membawa bangsa Israel menuju tanah perjanjian Kanaan (tanah Israel) lambang dari tanah perjanjian sorgawi ;

    Torah Musa, Keluaran 23.

    20 "Sesungguhnya AKU (ALLAH BAPA) mengutus MALAIKAT (UTUSAN) berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.

    21 Jagalah dirimu di hadapanNya dan dengarkanlah perkataanNya (perkataan ANAK ALLAH), janganlah engkau mendurhaka kepadaNya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuniNya, sebab NAMA-KU (NAMA ALLAH YAHWEH) ada di dalam DIA (ANAK TUNGGAL ALLAH).

    22 Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataan-Nya dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka AKU akan memusuhi musuhmu, dan melawan lawanmu."

    23 "Sebab Malaikat-Ku (Tuhan Yesus pra-inkarnasi, Anak Allah) akan berjalan di depanmu dan membawa engkau kepada orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Kanaan, orang Hewi dan orang Yebus, dan AKU (Allah Bapa) akan melenyapkan mereka."
    --------------------

    Ajaran dalam Perjanjian Baru (14 abad kemudian sesudah jaman nabi Musa);

    TUHAN YESUS (CAHAYA YAHWEH) berfirman dalam Yohanes 6:51.

    "AKU adalah Roti Hidup yang telah turun dari Sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

    Yohanes 17.

    11 "... dan AKU tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam Nama-Mu, yaitu Nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada- Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti KITA adalah 'YAHWEH ECHAD (SATU YAHWEH)."

    12 "Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam Nama-Mu, yaitu Nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada- Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci."
    ----------

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾

      1) Katakanlah: Hai orang-orang kafir 2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah 3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah 4). Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah 5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah 6). Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku

      (Al-Kafirun)

      Hapus
    3. Rony, ingat jangan pernah kamu atau kalian yg muslim bilang kami orang kristen kafir kalau begitu.pahami benar2 ayat al-kafirun mu itu. Puji Tuhan Yesus kristus.amin

      Hapus
    4. @andri jelas sekali... "Hai orang-orang kafir"

      Hapus
  5. Thats right, fakta menunjukan banyak sekali orang islam yang menyebabkan pembantaian, pembunuhan dan kebiadaban terhadap sesama manusia dengan atas nama Allah nya sendiri.
    memang bener itu tergantung pada manusianya, tetapi patut di refleksikan mengapa demikian ? sedangkan agama2 lain dapat hidup lebih damai dan tidak biadab, itu karena ajaran agamanya sendiri
    yaitu Islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo baca ini aja deh :
      Siapa yang memulai perang dunia pertama? Apakah Muslim? Siapa yang memulai perang dunia kedua? Apakah Muslim? Siapa yang mengirim bom nuklir Hiroshima dan Nagasaki? Apakah Muslim? Siapa yang membunuh lebih dari 100 juta orang Indian di Amerika Utara? Apakah Muslim? Siapa yang membunuh lebih dari 50 juta orang Indian di Amerika selatan? Apakah Muslim? Siapa yang menjadikan 180 juta orang Afrika sebagai budak dan 88% dari mereka meninggal dan dibuang di lautan atlantik? Bukan Muslim yang melakukannya. Siapa yang membunuh sekitar 20 jutaan Aborigin di Australia? Bukan Muslim yang melakukannya... " Dan hari ini Anda dapat melihat bahwa muslim selalu menjadi korban. Lihatlah Burma, Yaman, Suriah, Irak, Afghanistan, Palestina, dan negara-negara Islam lainnya.

      Memang benar sebagian Muslim bertanggung jawab atas sebagian kerusakan tentang Islam. Beberapa kesalahpahaman tentang Islam adalah hasil dari perilaku buruk sebagian kecil umat Muslim, tapi mari kita lebih adil dan objektif. Jika kita menganalisis sejarah dan bertanya, siapa yang terus menjalankan "perdangangan manusia internasional" yang menyebabkan 80.000.000 orang diperjual-belikan layaknya babi-babi dan anjing SELAMA LEBIH DARI 400 TAHUN? Yang melakukan ini bukan Muslim, mereka adalah orang-orang Portugal, Spanyol, Amerika, Inggris, Prancis, semuanya adalah negara Kristen dan mereka bekerjasama dengan gereja Katholik. Yang jadi pertanyaan, kenapa mereka tidak disebut orang-orang Kristen teroris? Ketika Conquistador dan pasukannya pergi ke Amerika Selatan dan merusak negara-negara di Amerika Selatan, membunuh penduduknya, meracuni sumber daya alamnya, mereka malah diberkati oleh gereja dan sampai saat ini mereka masih diberkati oleh gereja, dan tak seorangpun menjuluki mereka "Kristen Teroris."

      Hapus
    2. Nila Syahbuddin

      masalahnya tidak ada satupun yang dilakukan oleh para penjajah amerika inggri atau orang Barat berkiblat pada ajaran Kristen, karena Yesus dan para muridnya tidak pernah sekalipun menumpahkan darah.. begitu juga dengan Gereja awal dan Bapa Gereja awal juga para pendeta gembala sidang... jadi sudah jelas bahwa itu bukanlah hasil dari Kristen, itu ulah bejat dari oknum yang mengaku kristen (kristen ktp), tentu Kristen mengutuk perbuatan mereka.. dan nyatanya setiap perbuatan teroris selalu berkiblat pada Alquran dan Hadits Shahih serta perintah ulama2 besar yang diakui mayoritas muslim... kalau anda mau tahu coba search tentang fatwa2 serta ajaran Islam dari dunia Arab dari ulama2 yang sudah diakui didunia Arab... anda akan menemukan faktanya... bahkan jangankan dengan non-muslim, sesama muslim saja saling bunuh bila beda golongannya... juga sampai hari ini tidak terhitung berapa nyawa hilang tiap harinya atas nama agama Islam, tidak heran terjadi tsunami murtad dari Islam di jazirah Arab 6.000.000 pertahun, anda bisa lihat referensi di internet.... begini saja mbak, dalam negara syariah bukankah murtad harus dibunuh.. menurut anda adilkah ini? bukankah dari sini sudah kelihatan semangat memusuhi non-muslim dalam Islam? apakah anda juga mau kalau muallaf dibunuh oleh kristen hindu budha??

      Hapus
    3. Boby samuel hutagalung, saya setuju dgn anda bung, saya juga awalnya agama muslim tapi sekarang saya pindah agama kristen karena saya sudah tau juruselamat itu hanya Yesus kristus.., bukan nabi yg banyak istrinya.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Robby Angelo, Boby Samuel Hutagalung dan Andri Sugiansyah,

      Tuhan kami, Allah SWT dan Rasul kami, Muhammad SAW., pun tidak pernah mengajarkan terorisme. Tidak pernah ada ayat didalam Al-Qu'ran ataupun hadits tentang anjuran untuk membunuh kaum non muslim (kafir dan ahlul kitab sebelumnya) tanpa alasan yang tegas. Islam TIDAK PERNAH mengajarkan terorisme. Yang ada adalah perintah membunuh kaum kaum tersebut jika mereka mengganggu (menyerang/berusaha membunuh) kaum muslim . Di zaman Nabi Muhammad SAW dulu, tidak pernah ada terorisme. Yang ada adalah peperangan untuk melawan kaum kafir quraisy dan ahli kitab yang menyerang umat islam terlebih dahulu dikala itu. Dan anda tau, pada saat itu musuh yang masih hidup dan kemudian menyerahkan diri tidak lantas dibunuh juga, namun dijadikan tawanan dan ia dapat dibebaskan dengan syarat membayar tebusan (silahkan dibaca kisahnya mengenai sejarah islam pada masa tersebut). Artinya? Tidak pernah ada nafsu membunuh didalam diri muslim yang mengikuti ajaran Rasulullah SAW, apalagi secara membabi buta seperti yang dilakukan para teroris yang mengaku islam. Sama seperti anda mengatakan bahwa orang-orang yang merusak, menjajah, membunuh, dsb.dengan membawa identitas sebagai orang kristen adalah kristen ktp, pun demikian bagi kami mereka yang tanpa hati berbuat terorisme bukanlah islam, namun "islam-islama-an", dan mereka adalah orang-orang yang dimanfaatkan oleh golongan tertentu untuk mencapai tujuannya. Apa tujuannya? menghancurkan islam? Membuat islam dilihat sebagai agama teroris seperti yang anda pikirkan, mungkin?

      Perlu anda-anda ketahui, ayat Al-Qur'an yang digunakan sebagai dasar oleh para teroris menjalankan aksinya adalah ayat yang salah penafsirannya. Sebuah ayat yang sebenarnya berkesinambungan dengan ayat sebelum dan sesudahnya, yang menyebutkan alasan sehingga kemudian ada bunyi "maka bunuhlah mereka", namun kesinambungan ayat tersebut tidak diperhatikan dan langsung ditafsirkan begitu saja.

      Lalu apakah anda berfikir bahwa semua umat muslim mendukung terorisme? Saya rasa anda anda sekalian pasti mengetahui bahwa TIDAK SEDIKIT dari kami, muslim, yang juga sangat sedih dan turut mengutuk aksi terosisme tersebut. Kami percaya bahwa agama kami adalah agama yang damai, yang mengajarkan ketegasan dalam kedamaian, bukan radikal. Sama seperti anda-anda sekalian yang percaya bahwa agama anda adalah agama yang mengajarkan kedamaian. Padahal sejarah mencatat bahwa dahulu pun banyak umat kristen yang melakukan kerusakan dan pembunuhan. Tapi kami tau dalam kristen yang sebenarnya tidak pernah diajarkan demikian. Jadi tolong, jangan men-generalisasi umat islam sebagai umat yang radikal dan mengajarkan terorisme. jangan buta dengan kenyataan bahwa sangat banyak umat islam yang membenci terorisme. Kami bukan teroris.

      Hapus
    6. Kalau mau mengetahui dan menguji kebenaran sebuah agama itu, jangan hanya melihat kelakuan umat (manusia yang menganut) agama tersebut, tetapi telitilah isi kitab sucinya, ajaran-ajaran yang terkandung di dalam kitab suci tersebut, apakah benar2 sudah sesuai dengan hati nurani kalian sendiri, misalnya dalam hal mengampuni. Karena Kalau menilai dari manusianya, maka kalian bisa akan keliru, karena setiap manusia sekalipun beragama, namun cenderung lebih senang berbuat dosa. Sehingga tidak sedikit kita lihat orang2 yang katanya beriman, namun masih melakukan hal2 yang tidak masuk akal dan jatuh dalam dosa berat. Contoh kecil saja, di Semua kitab Suci aku rasa, diajarkan bahwa "Allah" itu adalah maha pengampun dan penyayang, sehingga sekalipun kita bersalah atau melakukan perbuatan dosa, kita tetap di beri kesempatan untuk hidup dan untuk memperbaiki diri. Sehingga dengan demikian, bukan kah kita seharusnya harus saling mengampuni?, bukan justru ketika orang lain melakukan kesalahan atau dosa malah kita hakimi, hukum rajam dan sebagainya. Tuhan sendiri maha pengampun, dan bahkan berkali2 kita sembahyang selalu menyerukan bahwa Tuhan (Allah) itu adalah maha pengampun dan penyayang, tapi kenapa kita sendiri tidak melakukan seperti yang Tuhan lakukan kepada kita?.Jadi bagaimana seandainya, kita yang melakukan kesalahan tersebut, dan kita langsung dihakimi, dirajam dan sebagainya. Bagaimanakah rasanya??...AKu yakin 1000 % tidak ada manusia di dunia ini yang tidak pernah melakukan kesalah atau dosa, oleh karena itu jangan hanya melihat kesalahan orang lain saja, intropeksilah diri masing2, agar kita tidak hanya menyalahkan orang lain karena kita pun tidak sempurna. Jadi sudah jelas, di dalam agama mana kebenaran sejati itu yang sebenaranya ada.

      Hapus
  6. islam adalah agama yg memberikan kedamaian bagi penduduk dunia,krn agama islam agama rahmatan lilalamin bukan agama teror karena negara2 kafir iri dg kebenaran islam sehingga mereka menebar fitnah

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama damai kog DIMANA MANA KACAU...SALING BUNUH..BOM BUNUH DIRI TIAP HARI MELETUS...TEROR DI MANA MANA...aduuuh goblok bener

      Hapus
    2. Eh.. Ady Rospandi, apa anda lihat fpi itu fitnahkah yg mereka lakukan?, apa bom bali itu orang kristen kh pelakunya?, & apakah ISIS itu hanya lelucon bagi anda?, pikir baik2 bung.Tuhan kami Yesus kristus tidak pernah mengajarkan kami untuk memerangi sesama.

      Hapus
    3. Isis pake al quran tapi mereka menerjemahkan al quran seenak jidat. Terus KKK yang ngakunya kristen tapi pake alkitab itu gimana, mereka menbantai mengatasnamakan yesus. Jangan menabur kebencian antar agama lah. Ditambah lagi, yesus bukan cuma milik orang kristen, beliau dimuliakan di Al Quran. Salam damai jangan menabur kebencian terus

      Hapus
  7. sebenarnya islam toleran terhadap agama lain
    bahkan Nabi Muhammad pernah berkata , maaf kalau gak salah
    "Siapa yang menyakiti orang beragama lain tanpa sebab dia sama dengan menyakitiku"

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tau itu referensi dari mana? karena di Alquran tidak ada.. lalu dari mana? hadits kah? sudah kah hadits itu shahih, sudahkah di nyatakan sah dari kaum ulama yang disetujui mayoritas islam?!

      Hapus
  8. Kami percaya yesus 'alaihi salam nabi dan rasul Allah .... tapi sekarang massanya Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasalam jadi dulu kristen yang taat kepada bapa' mereka itu muslim dalam bahasa arab tetapi sekarang islam lebih kristen dari umat kristen sendiri .... karena kami mencintainya , menghormati dan mempercayainya tapi kami tidak menyembahnya (yesus A.S) hanya islam selain agama non kristen yang percaya dengan isa Al masih putra maryam atau yesus A.S agama lain tidak .... hebatkan islam ..... bangga dah saya nuw .... ora ngolah ngaleh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penganut Islam lebih mengagungkan nabi Isa dibanding kristen sendiri, dan orang yang taat kepada nabi Isa lah yang mengikuti jalan kebenarannya yaitu menjadi Islam, mukmin sejati.

      Hapus
  9. PERCAYALAH KAMU KEPADA TUHAN YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUH SELAMAT UMAT MANUSIA...SEBAB TIDAK AKAN ADA YANG SAMPAI KEPADA BAPA SELAIN MELALUI TUHAN YESUS KRISTUS

    BalasHapus
  10. Kitab Kristen pun tidak jelas selalu berubah mengikuti jaman sedangkan alquran Dari zaman di lahirkan tidak pernah berubah Dan nyata setiap ayatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. situ mau bertanya tentang "Kitab bahasa asli" atau "TERJEMAHAN"? yang berubah itu terjemahannya bukan bahasa aslinya. lebih baik anda belajar lagi daripada asal bicara.

      Hapus
    2. @kaze nyatanya Injil selalu berubah penafsiran dari zaman ke zaman, bukan hanya masalah terjemahan,

      Hapus
  11. Kitab Kristen pun tidak jelas selalu berubah mengikuti jaman sedangkan alquran Dari zaman di lahirkan tidak pernah berubah Dan nyata setiap ayatnya

    BalasHapus
  12. Sesungguhnya Agama yang diridhoi oleh Allah hanyalah Islam ... Gunakanlah isi kepalamu untuk berfikir, dan kalo memang kamu jujur kepada dirimu sendiri , maka kamu akan menemui fakta dan kebenaran itu hanya dalam Islam...>>> Silakan berfikir... berfikir... dan berfikiir...>>>>

    BalasHapus
  13. Jangan membuat agama sebagai senjata dan mulut yang menghancurkan persaudaraan di indonesia.

    BalasHapus
  14. Jangan membuat agama sebagai senjata dan mulut yang menghancurkan persaudaraan di indonesia.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. tuhan mana ada yang bisa mati,, tuh yesus ko mati di gantung di salib pakai otak dong kok tuhan lo manusia ? pikir!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah berpikir dan menggunakan akal saya sebaik-baiknya, dan anda serta semua yang "sok tahu" dengan kekristenan tidak lain dan tidak bukan hanyalah :
      1. tidak tahu MAKNA RENCANA TUHAN BAGI MANUSIA
      2. tidak mengerti KASIH TUHAN YANG BESAR KEPADA UMAT MANUSIA
      3. berpura-pura mengerti Alkitab dimana HANYA YESUS SENDIRI YANG DAPAT MENGARTIKANNYA
      4. BUTA SEJARAH
      5. menganggap DIRI PALING BENAR
      6. dst, dst

      Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Matius 13:14

      Hapus
  17. Kalo agama kristen yang bener... Kenapa tuhan yang kalian banggakan disiksa dan di telanjangi... Kalo agama yang kalian banggakan itu bener... Coba berdebat aja sama dr. Zakir naik. Kalo kalian bisa membuat dr. Zakir naik diam. Maka agama kalian yang benar, tuhan ngga punya bentuk. Tuhan itu dzat yang maha sempurna, tidak berbentuk manusia, hewan atau yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah membaca Kitab Taurat/Taurah yang Kitab Nabi Musa yang benar kah anda tentang Penciptaan Manusia ?

      Jika belum maka hapus komenmu.

      Hapus
  18. Kalo agama kristen yang bener... Kenapa tuhan yang kalian banggakan disiksa dan di telanjangi... Kalo agama yang kalian banggakan itu bener... Coba berdebat aja sama dr. Zakir naik. Kalo kalian bisa membuat dr. Zakir naik diam. Maka agama kalian yang benar, tuhan ngga punya bentuk. Tuhan itu dzat yang maha sempurna, tidak berbentuk manusia, hewan atau yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bocah ni orang...

      -_- ga nyambung sma artikel yg di post...

      Hapus
    2. lalu bagaimana Tuhan kamu merefleksikan diri-Nya yang "DZAT" itu kepada manusia? bukankah Ia adalah "DZAT", lantas bagaimana manusia dapat "MENGENAL" Dia jikalau Dia tidak menyatakan diri-Nya kepada manusia yang hidup secara jasmani dapat mengenal Tuhan yang adalah "DZAT"?

      Hapus
  19. Aku heran saja, org mau memeluk agama, knpa hrs ada paksaan? Masalah keyakinan tdk bisa dipaksakan, jika seseorg berpindah ke kristen, meNgapa hrs dipenjarakan? Emangx klo di Islam org sdh tdk dpt kedamaian, ya tergantung org tsb dia mau mengimani agama yg dia yakini.
    Biarlah Tuhan Yesus yg akan bertindak

    BalasHapus
    Balasan
    1. @erwin.... Anda ingat God, glory, gospel.... Mereka yang mengemban amanat itu beragama apa ? Coba tebak...

      Hapus
  20. Saya setuju kita harus saling menhargai agama dan toleran dgn agama yang lainnya. karena kita adalah satu saudara.

    BalasHapus
  21. Saya setuju kita harus saling menhargai agama dan toleran dgn agama yang lainnya. karena kita adalah satu saudara.

    BalasHapus
  22. Saya setuju kita harus saling menhargai agama dan toleran dgn agama yang lainnya. karena kita adalah satu saudara.

    BalasHapus
  23. jangan singgung soal persaudaraan ,tp kita manusia yg mmbutuhkan tuhan yg menciptakan segalanya.bukan tuhan yg gak jelas,brow

    BalasHapus
  24. Semua agama benar..cumn orng2 didlmx gak bner

    BalasHapus
  25. Islam contohx...agamax bner..tpi prmsalahanx adlh orngx didlm...setiap pnganut islam yg sy temui..smuax munafik..tujuan mreka hax satu menghasut agama lain tuk gabung dikomunitasx...apakh mmng itu tujuan agamax. Mncari pngikut sbxk2x supaya mkin bxk mnusia yg tak berguna diclubx..mkax negara2 dmn islam mayoritas tak prnh bisa maju.. krena mereka smua adlh bangsa yg munafik.

    BalasHapus
  26. Amerika melarang islam msuk kenegarax..karena apa..mreka lbih berbahaya drpada babi ato anjing mreka..mreka itu ular berbisa..dengan skli smburan..orang akan tersesat dan mnjadi teroris..hati2 klo anda mlihat orng berjenggot n berjubah..waspadalah mreka adlh teroris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @sunshine ngebaca urutan komentar mu lucu... Mirip2 hasutan... Awal2nya manis kesannya blablabla....

      Hapus
  27. Tahan komentar kalian yg menimbulkan permusuhan antar agama.... Komentar anda semua mencerminkan kepribadian anda....anda anda hanya melontarkan kata kata tdk dpat merubah seperti yg anda mau... Rubah lah pribadi anda masing masing... Sya sebagai umat muslim. Sangat menghargai umat beragama lain.....

    BalasHapus
  28. Astaga ... segitunya para penduduk saudi arabia haruz memeluk agama kristen... :') salutlah,mereka sudah merasakan cinta kasih yesus kristus..

    semoga semua penduduk arab merdeka untuk bebas memeluk agama dan kepercayaan mereka masing2...
    AMIN

    BalasHapus
  29. Udahlah.. di amerika ap bebas umat islam disana.. mau bikin masjid aj gk boleh.. masih mending di arab, masih boleh bikin gereja.. kalo pengetahuan masih kurang gk usah ngeluarin fakta2.. kalo dah hafal injil, zabur, taurat, sm alquran baru berkoar.. mending damai.. agamamu agamamu, agamaku agamaku.. salam damai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masjid di Washington dan LA lebih besar mana dibanding Masjid di kota anda.
      Atau Masjid di Cleveland dan New York.

      Hapus
  30. Maaf sebab tetibanya saya menyampuk perbualan anda. Cuma saya nak tahu dari hati kitorang ,apa matlamat menghakimi keperibadian agama masing-masing. Banyak aspek yang perlu kita ketahui contohnya yakinkah anda terselamat dari agama anda sekiranya tiba hari kiamat? Jawaban anda mungkin ya, mungkin tidak,mungkin was-was, mungkin terserah kepada Allah, ataupun masuk neraka terlebih dahulu baru dikeluarkan darinya baru masuk Sorga?. Bagi orang Islam hanya terletak kepada nama Allah sahaja tapi tidak faham siapa itu Nabi Isa sebenarnya. Coba kita sahabat muslim pikir kenapa Nabi Isa sebagai hakim di hari kiamat dan tidak disebutkan Allah disitu. Ini membuktikan Nabi Isa itu adalah Allah itu sendiri. Dalam agama kristen tidak ada pengajaran yang memperbolehkan menyebut sesiapa sebagai '' kafir''.

    Yesus dihukum oleh manusia sehingga ditelanjangi, diseksa dan disalib sehingga mati sebagaimana seperti sifat manusia biasa. Yesus sebenarnya bukan manusia tetapi di jelmakan terbentuk sebagai sosok tubuh manusia melalui kelahiran dari tubuh manusia suchi seperti Maryam. Sewaktu Maryam tidiur dia bermimpi didatangi oleh malaikat yang mengatakan dia akan mengandung anak lelaki dari Roh Allah dan mesti menamainya Yesus yang disebut anak Allah . Yesus inilah juruselamat dosa-dosa manusia. Memang sudah di nubuatkan Dia (Yesus), akan bersama-sama manusia sehingga berumur 30 tahun.

    Kalau agama lain selain kristen sudah pastinya tak faham dan tak percaya bahawa Yesus itu adalah Allah itu sendiri.Kami faham yang muslim tahu Nabi Isa itu ialah manusia biasa saja. tetapi mereka tidak ada penyelidikan dan pencarian bagaimana Nabi Isa yang datang di akhir zaman dan bukan Muhammad, bukan Musa dan bukan nabi-nabi lainya.Mereka hilang penyelidikan tentangNya disebabkan ayat-ayat lainya dari Bible telah diubah dan dipesong oleh maksud lainya seperti penulis dan pengarang Quran seperti Muhammad sendiri.

    Cobalah kita belajar menghormati agama lain.Bagi orang kristen sebenarnya tak timbul di fikiran untuk memusuhi sesiapa. Cuma satu yang paling kita nanti-nantikan ialah siapa yang benar antara Islam atau Kristen, kita dijawab di akhir zama/kiamat dunia nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awak tuh benar2 sudah fahamlah kes perbedzaan dan persamaan agama Islam dan Kristen ya.

      Sebab, sesungguhnya Islam dan Kristen itu sama.
      Hanya orang2 di dalamnya saja yg berbedza.

      Hapus
    2. Awak tuh benar2 sudah fahamlah kes perbedzaan dan persamaan agama Islam dan Kristen ya.

      Sebab, sesungguhnya Islam dan Kristen itu sama.
      Hanya orang2 di dalamnya saja yg berbedza.

      Hapus
  31. Yesus ada bilang bahwa dia adalah tuhan? saya pernah mendengar dan membacanya bahwa yesus tidak pernah mengatakan bahwa dia tuhan dan dia juga tidak pernah mengatakan "sembahlah aku".CMIIW

    BalasHapus
  32. hmmmm islam lebih kristen dari kristen. yesus disunat=betul yesus berpuasa= betul yesus di baptis=betul jadi emang orang islam di baptiss yaaa

    BalasHapus
  33. Ajaran Setiap Agama itu baik, dan Tuhan itu Maha Esa, yg disembah dan dipuja serta disebut dengan berbagai Nama, buktinya kita semua tinggal di planet yg sama yaitu bumi, menghirup oksigen yg sama,makan dari hasil bumi yg sama, yg berbeda itu hanya "oknum2" dari masing2 agama saja...Tuhan Saja Maha Pemaaf, Maha Pengampun, Maha Pemurah...masakan Manusia yg diciptakan oleh-NYA bisa bersikap dan bertindak melebihi Tuhan-nya??? Damai itu lebih indah, berbeda itu mewarnai kehidupan...

    BalasHapus
  34. Didalam paham (agama) Samawi, Yahudi, Nasrani, Islam itu diawali oleh satu keyakinan terhadap Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Buku-buku Sucinya al; Yahudi, ialah kumpulan dari Taurat dan Zabur yang disebut; "Talmud," Keristen atau Nasrani atau Al-Masih ialah kumpulan dari Taurat, Zabur dan Injil yang atau bahasa populernya disebut "Perjanjian Lama Dan Perjanjian Baru" yang disebut disebut; "Bibel," sedangkan Islam adalah kumpulan dari Taurat, Zabur, Injil dan Qur'an yang digabungkan dengan sebutan; "Qur'an" atau dengan defenisi Kitab Bacaan. (Baca Buku Kamus Ilmiah Bahasa Indonesia Populer bahwa Quran = Kitab Suci Agama Islam. Dan "quran" = yang dibaca.

    Jadi dimana letak perbedaannya ???

    Itu hanya soal tafsir saja oleh masing-masing agama dimaksud.

    Dan yang paling penting untuk diketahui oleh ummat agama Samawi ini bahwa;

    Agama itu adalah bentukan dari manusia, dan agama itu adalah wahana untuk menyembah bersujud kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Semua sama-sama mempunyai hak mengatakan "Allah."

    Memang defenisi "agama" tersebut sangat erat pengertiannya dengan "Allah" namun bukan berarti "Agama" dimaksud sama atau serupa dengan "Allah." Pengertian inilah yang perlu diluruskan selurus-lurusnya.

    Perihal tentang corak ragam bahasa bahasa dalam pemahaman Agama Kristen, Hal itu hanya sebatas tehnik "Metoda Edukasinya saja" untuk lebih memudahkan ummatnya memahami ajaran dari agama tersebut namun fondasi atau dasar dasar theologisnya tetap. Tidak ada lain dari itu.

    JADI, APA YANG MAU DIBAHAS ATAU DIPERTENTANGKAN ???
    HAL ITU SESUAI DENGAN FIRMAN TUHAN KEPADA NABI ABRAM YANG KEMUDIAN MENJADI ABRAHAM (muslim menyebutnya "Nabi Ibrahim As) YANG TELAH DINOBATKAN OLEH ALLAH, TUHAN YANG MAHA ESA SEBAGAI BAPAK DAN NENEK MOYANGNYA SEGALA SUKU SUKU, BANGSA BANGSA DI MUKA BUMI INI.

    DAN, SEDANGKAN SEBUTAN "TRINITATIS" YANG DIDEFINISIKAN SEPERTI; "ALLAH BAPA, ANAK DAN ROHUL QUDDUS," HAL ITU ADALAH "BAHASA THOLOGIS" BUKAN "BAHASA BIOLOGIS" SEPERTI DITAFSIRKAN SECARA SEPIHAK SELAMA INI. HAL ITU ADALAH MENURUT TAFSIR SAJA.

    PERDEBATAN "TAFSIR" INILAH SEBAGAI BIANG KELADI PERSOALAN TERUTAMA OLEH PIHAK PIHAK YANG SELALU MENGKLAIM DIRINYA YANG PALING BENAR NAMUN CINTA KASIH MINIM SAMA-SEKALI.

    BAGAIMANA DENGAN ORANG ORANG ARAB YANG BERAGAMA KRISTEN DISANA ??? JADI PERMASALAHAN PERBEDAAN "TAFSIR" DIMAKSUD, HAL ITU MENYANGKUT PERSONALITY BY INDIVIDUALISTICK. ATAS DASAR PEMAHAMAN INI SEHINGGA MUNCUL KALIMAT YANG MENGATAKAN; "AGAMAMU BAGIMU, AGAMAKU BAGIKU." Wass.)***

    BalasHapus
  35. Setiap orang yang walau telah merasa dirinya menganggap telah melakukan semua yang menurutnya keyakinannya terhadap agama yang dianutnya;

    NAMUN JIKA ADA KESOMBONGAN DIDALAM DIRINYA BAHKAN DENGAN SECARA TERANG-TERANGAN MEMPERTONTONKAN KESOMBONGANNYA TERSEBUT DI HADAP ORANG LAIN DAN TAU PIHAK PIHAK LAIN, KARENANYA HAL ITU BUKAN MENJADI SEBUAH JAMINAN BAGI DIA MERAIH SORGAWI.

    JADI JELASNYA, SEGALA SESUATU TENTANG AMAL BAKTINYA HARUS DAN HARUS DENGAN KERENDAHAN HATI DALAM SEMBAH SUJUD KEHADAPAN ALLAH, TUHAN YANG MAHA ESA AGAR MEMPEROLEH AMPUNAN DUNIA DAN AKHIRAT. Amin, Amin YRA.)***

    BalasHapus
  36. Kalimat; "Selain Islam adalah kafir" tidak mempunyai pendidikan moral namun dititik-beratkan kepada "sentimen perkauman."

    Kafir, didefinisikan sebagai singkatan dari; "Kaum Fir'aun."

    Fir'aun ialah Raja-raja Kuno bangsa Mesir.

    Jadi, kata "kafir" diucapkan (pertama) oleh Nabi Musa As.

    Kalimat kata "kafir" itu beliau ucapkan di Gunung Sinai ketika membawa Bani Israel keluar dari perbudakan.

    Jadi, yang beliau maksud dengan ucapan; "Kalian sudah seperti kafir" yang beliau maksud kala itu melihat tingkah laku orang orang yang akan dia bawa keluar dari Negeri Mesir itu sudah seperti kepercayaan bangsa Mesir yang menyembah Raja Raja Fir'aun bagai tuhannya dengan membuat patung lembu dan bersorak-sorai sambil menari-nari. Dan kala itu telah terjadi pengikisan iman dengan prilaku perzinahan atau sek bebas, mabuk-mabukan, perkelahian, tari tari telanjang dan lain sebagainya.

    Pada zaman inilah keluar "Hukum Taurat" yang kini dipakai oleh semua agama agama Samawi.

    Jadi, tidak ada relevansinya masa sekarang ini mengeluarkan "kafir" terhadap penganut agama "Samawi" lain selain muslim. Jangan memperruncing perdebatan dengan menjamin dirinya "masuk surga" jika tidak memahami sejarah asal-usul munculnya kalimat "kafir" tersebut. Perkataan kata "kafir" tersebut terhadap sesama agama Samawi adalah bentuk kesombongan secara lahir bathin.

    Tingkat amal ibadahmua dengan iman yang tulus dan ikhlas dalam kerendahan hati.)***

    BalasHapus
  37. Kelihatan ada kecenderungan mengkultuskan orang orang Arab, apa orang orang Arab baik-baik semua ???

    Jika demikian, mengapa agama turun disana ??? Apa defenisi latar-belakang turunnya agama ???

    Hal "agama" yang diturunkan oleh Allah, Tuhan Yang Maha Esa ke bumi ini termasuk dalam hal ini negeri Timur Tengah (Arab - red) dikarekan terjadinya prilaku prilaku jahilyah ditengah-tengah ummat manusia ketika itu.

    Jadi, tidaklah mungkin agama itu diturunkan oleh Allah, Tuhan Yang Maha Esa melalui para nabi-Nya jika bukan karena dosa dosa yang telah dilakukan oleh manusia manusia. Jadi, agama itu berisi aturan aturan yang konkrit tergantung pada pemahamannya masing-masing oleh penganut dari agama itu, NAMUN PADA HAKEKATNYA PONDASI ASAL MULANYA ADALAH SAMA DAN SERUPA. Pelajari sejarah berkembangnya agama agama dimuka bumi ini, semuanya bertujuan agar manusia jangan berbuat dosa.

    Dan jika semua orang orang Arab tak berdosa, mengapa disana diberlakukan Hukum Taurat ???

    Jadi, pelajari sejarah perkembangan agama itu tanpa melihat sebelah mata. Buka mata lebar-lebar lalu pergunakan akal pikiranmu secara jernih.

    JIKA ANDA TIDAK SUKA AGAMA ANDA DIKOMENTARI ORANG/PIHAK LAIN, SEBAIKNYA JANGAN KOMENTARI AGAMA ORANG/PIHAK LAIN. JANGAN SOK MAYORITAS, YANG TERPENTING IALAH IMAN YANG BENAR-BENAR RAHMATAN TERHADAP SEMUA INSAN.

    ORANG ORANG ARAB ITU BUKAN SEMUA MUSLIM.)***

    BalasHapus
  38. Perselisihan antara Israel dengan negara negara Arab bukan tentang hal "Agama," namun dititik-beratkan oleh budaya dan teritori (tanah geografis), terutama tentang Jerusalem (Yahudi), Darussalam (Atab) dimana ummat Nasrani dan ummat Muslim satu pemahaman. Lihat saja, orang orang Arab yang keluar kucar-kacir karena dilanda persoalan persoalan komunitas (sektarian), kemana mereka pergi ??? Bukankah ke negara negara kristen pada dasarnya ???)***

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini bisa benar komen anda.
      Berarti anda udah tahu asal mula atau latar belakang konflik Israel-Palestina kan.

      Baguslah kalau begitu kawan.

      Hapus
  39. Soal rasa simpati boleh akan tetapi tentang orang orang muslim (Rohingyah) di Miyanmar, Patani di Thailan, Moro di Filipina dan lain sebagainya perlu dicari cara cara yang paling baik dan elegan, akan tetapi jangan timpang. Bagaimana dengan orang orang Arab yang beragama kristen di beberapa negara negara Arab sana ??? APAKAH DIPERSAMAKAN ??? LAGI-LAGI JANGAN MENJADI CONGKAK DAN SOMBONGLAH. BUKANKAH DIHADAPAN ALLAH, TUHAN YANG MAHA ESA ITU SEMUA CIPTAAN-NYA ??? ATAUKAH HANYA ORANG ORANG MUSLIM SAJA YANG DICIPTAKAN OLEH ALLAH, TUHAN YANG MAHA ESA ??? LAGI-LAGI CARA INI SEBAGAI SIATU KESOMBONGAN.

    ORANG ORANG YANG BERPERILAKU SOMBONG SANGAT DIBENCI OLEH ALLAH, TUHAN YANG MAHA ESA.

    DI DALAM AGAMA AGAMA SAMAWI, TERUTAMA OLEH AGAMA KRISTEN DAN ISLAM; "TIDAK ADA KASTA-KASTA DAN ATAU PENGKASTAAN.)***

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahu tidak awal mula atau latar belakang konflik Muslim di Myanmar, Muslim di Moro-Mindanao Filipina dan Patani di Thailand.

      Kalau belum tahu maka hapus komen anda.

      Hapus
  40. PERANG SAJA LARANG ISLAM MASUK NEGARA NEGARA KRISTEN/AGAMA LAIN DI DUNIA..SETUJU

    BalasHapus
  41. PERANG SAJA LARANG ISLAM MASUK NEGARA NEGARA KRISTEN/AGAMA LAIN DI DUNIA..SETUJU

    BalasHapus
  42. Debat di forum ini tdk ada manfaatnya krn ujung2nya kmd hanya saling menghujad shg tdk ilmiah. Saya usul alangkah baiknya bila dilakukan debat terbuka antara Paus vs Dr. Zakir Naik. Sebetulnya sdh bbrp kali Dr. Zakir Naik mengajak debat terbuka dg yang mulia Paus, ttp beliau tdk bersedia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pantas debat dengan Paus itu adalah Imam Besar Masjid Nabawi dan Masjidil Haram atau Imam Besar Masjid Al Aqsa. Bukan seorang Dokter Kesehatan yang belajar Ilmu Agama Islam dari seorang Guru Agama dan Ustad.


      Lagian Dokter Zakir Naik bahkan belum pernah berdebat dengan Seorang Pendeta Senior Protestan atau Pastor Katolik.
      Baru hanya berdebat dengan Pemuda-Pelajar Kristen, Umat Kristen biasa dan Biarawan Muda-Sekolah Alkitab-Seminariat/Seminarian Sekolah Kristen-Seminari Katolik (sekelas Santri-Santriwati Pesantren).

      Belum ada Pendeta Senior atau Suster Katolik atau Patriakh Ortodoks atau Pastor Katolik atau Ephorus Protestan atau Bishop Ortodoks atau Uskup Katolik yang berdebat dengan Dokter Zakir Naik apalagi sampai kalah debat.

      Jadi Zakir Naik yang seorang Dokter biasa belum layak debat agama dengan Paus atau Pemimpin Ortodoks atau Pemimpin Rabbi Yahudi.

      Hapus
    2. Yang pantas debat dengan Paus itu adalah Imam Besar Masjid Nabawi dan Masjidil Haram atau Imam Besar Masjid Al Aqsa. Bukan seorang Dokter Kesehatan yang belajar Ilmu Agama Islam dari seorang Guru Agama dan Ustad.


      Lagian Dokter Zakir Naik bahkan belum pernah berdebat dengan Seorang Pendeta Senior Protestan atau Pastor Katolik.
      Baru hanya berdebat dengan Pemuda-Pelajar Kristen, Umat Kristen biasa dan Biarawan Muda-Sekolah Alkitab-Seminariat/Seminarian Sekolah Kristen-Seminari Katolik (sekelas Santri-Santriwati Pesantren).

      Belum ada Pendeta Senior atau Suster Katolik atau Patriakh Ortodoks atau Pastor Katolik atau Ephorus Protestan atau Bishop Ortodoks atau Uskup Katolik yang berdebat dengan Dokter Zakir Naik apalagi sampai kalah debat.

      Jadi Zakir Naik yang seorang Dokter biasa belum layak debat agama dengan Paus atau Pemimpin Ortodoks atau Pemimpin Rabbi Yahudi.

      Hapus
  43. Islam agama yg sudah dinubuatkan para nabi israel bahkan tuhan yesus sendiri banyak bernubuat ttg agama islam.bahwa akan datang banyak nabi palsu yg akan menyesatkan murid/pengikut tuhan yesus.untuk itu kita harus berdoa agar jng disesatkan oleh iblis

    BalasHapus
  44. Aku mau nanya yang kommet ini nasrani. ..apakah anda sdh di sunnat? ? Dan apakah anda tidak makan babi ??
    Kalau blm di sunat dan makan babi berarti saya lebih kristen dari pada anda.. Walaupun aku adlah muslim.... Kristen disuruh sunnat dan haram makan babi

    BalasHapus