Kamis, 26 Agustus 2010

Kristen di indonesia


Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85,2% penduduk Indonesia, yang menjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Sisanya beragama Protestan (8,9%), Katolik (3%), Hindu (1,8%), Buddha (0,8%), dan lain-lain (0,3%). Selain agama-agama tersebut, pemerintah Indonesia juga secara resmi mengakui Konghucu.





 Kristen Protestan berkembang di Indonesia selama masa kolonial Belanda (VOC), pada sekitar abad ke-16. Kebijakan VOC yang mereformasi Katolik dengan sukses berhasil meningkatkan jumlah penganut paham Protestan di Indonesia. Agama ini berkembang dengan sangat pesat di abad ke-20, yang ditandai oleh kedatangan para misionaris dari Eropa ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti di wilayah barat Papua dan lebih sedikit di kepulauan Sunda. Pada 1965, ketika terjadi perebutan kekuasaan, orang-orang tidak beragama dianggap sebagai orang-orang yang tidak ber-Tuhan, dan karenanya tidak mendapatkan hak-haknya yang penuh sebagai warganegara. Sebagai hasilnya, gereja Protestan mengalami suatu pertumbuhan anggota.

Protestan membentuk suatu perkumpulan minoritas penting di beberapa wilayah. Sebagai contoh, di pulau Sulawesi, 97% penduduknya adalah Protestan, terutama di Tana Toraja, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Sekitar 75% penduduk di Tana Toraja adalah Protestan. dibeberapa wilayah, keseluruhan desa atau kampung memiliki sebutan berbeda terhadap aliran Protestan ini, tergantung pada keberhasilan aktivitas para misionaris.
Di Indonesia, terdapat tiga provinsi yang mayoritas penduduknya adalah Protestan, yaitu Papua, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara (Batak) dengan 90% - 94% dari jumlah penduduk. Di Papua, ajaran Protestan telah dipraktikkan secara baik oleh penduduk asli. Di Sulawesi Utara, kaum Minahasa, berpindah agama ke Protestan pada sekitar abad ke-18.  Saat ini, kebanyakan dari penduduk asli Sulawesi Utara menjalankan beberapa aliran Protestan. Selain itu, para transmigran dari pulau Jawa dan Madura yang beragama Islam juga mulai berdatangan. Sepuluh persen lebih-kurang; dari jumlah penduduk Indonesia adalah penganut Kristen Protestan.


Katolik untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia pada bagian pertama abad ketujuh di Sumatera Utara. Fakta ini ditegaskan kembali oleh (Alm) Prof. Dr. Sucipto Wirjosuprapto. Untuk mengerti fakta ini perlulah penelitian dan rentetan berita dan kesaksian yang tersebar dalam jangka waktu dan tempat yang lebih luas. Berita tersebut dapat dibaca dalam sejarah kuno karangan seorang ahli sejarah Shaykh Abu Salih al-Armini yang menulis buku "Daftar berita-berita tentang Gereja-gereja dan pertapaan dari provinsi Mesir dan tanah-tanah di luarnya". yang memuat berita tentang 707 gereja dan 181 pertapaan Serani yang tersebar di Mesir, Nubia, Abbessinia, Afrika Barat, Spanyol, Arabia, India dan Indonesia. Dengan terus dilakukan penyelidikan berita dari Abu Salih al-Armini kita dapat mengambil kesimpulan kota Barus yang dahulu disebut Pancur dan saat ini terletak di dalam Keuskupan Sibolga di Sumatera Utara adalah tempat kediaman umat Katolik tertua di Indonesia. Di Barus juga telah berdiri sebuah Gereja dengan nama Gereja Bunda Perawan Murni Maria (Gereja Katolik Indonesia seri 1, diterbitkan oleh KWI)
Dan selanjutnya abad ke-14 dan ke-15 entah sebagai kelanjutan umat di Barus atau bukan ternyata ada kesaksian bahwa abad ke-14 dan ke-15 telah ada umat Katolik di Sumatera Selatan.
Kristen Katolik tiba di Indonesia saat kedatangan bangsa Portugis, yang kemudian diikuti bangsa Spanyol yang berdagang rempah-rempah. [20]
Banyak orang Portugis yang memiliki tujuan untuk menyebarkan agama Katolik Roma di Indonesia, dimulai dari kepulauan Maluku pada tahun 1534. Antara tahun 1546 dan 1547, pelopor misionaris Kristen, Fransiskus Xaverius, mengunjungi pulau itu dan membaptiskan beberapa ribu penduduk setempat. [33]
Pada abad ke-16, Portugis dan Spanyol mulai memperluas pengaruhnya di Manado & Minahasa, salah satunya adalah menyebarkan agama Kristen Katolik namun hal tersebut tidak bertahan lama sejak VOC berhasil mengusir Spanyol & Portugis dari Sulawesi Utara. VOC pun mulai menguasai Sulawesi Utara, untuk melindungi kedudukannya di Maluku.
Selama masa VOC, banyak praktisi paham Katolik Roma yang jatuh, dalam hal kaitan kebijakan VOC yang mengkritisi agama itu. Yang paling tampak adalah di Sulawesi Utara, Flores dan Timor Timur.
Pada tahun 2006, 3% dari penduduk Indonesia adalah Katolik, lebih kecil dibandingkan para penganut Protestan. Mereka kebanyakan tinggal di Papua dan Flores.


Meskipun Kristen Ortodoks sudah hadir di Indonesia melalui kaum Non-Kalsedon di Sumatera pada abad ke-7, baru pada abad ke-20 Gereja ini hadir dengan resmi. Ada dua kelompok Ortodoks di Indonesia, yaitu Gereja Ortodoks Yunani, dan Gereja Ortodoks Siria yang berkiblat ke Antiokhia.

10 komentar:

  1. Rugi masuk kristen krn kelak Sebelum kiamat yesus diturunkan Allah kembali untuk menolak dan mengusir seluruh org yg mengaku beriman kristen ini tertera dlm alkitab atau injil kristen matius 7:15-23 terutama ayat 21-23 ...mengapa yesus menolak dan mengusir seluruh org yg mengaku beriman kristen dan berkata tidak mengenal mereka? Krn selama hidupnya yesus tdk pernah mengajarkan konsep iman ala kristen, yesus tidak pernah mengajarkan dirinya Tuhan hanya kristen saja yg meyakini yesus tuhan, yesus tdk pernah mengajarkan misa atau kebaktian pada hari minggu, ibadah ini hanya buatan pendahulu kristen , yesus tdk mengenal gereja krn yesus tdk pernah beribadah dlm gereja, yesus tdk pernah mengajarkan bernyanyi ala kristen. Pd hari minggu digereja dll ..jadi jelas apa yg di yakini dan dilakukan kristen sesat atau tidak pernah diajarkan yesus, dan penyesatan ajaran yg pernah disampaikan yesus terutama trinitas (penyekutuan Allah dg menuhankan yesus atau syirik) adalah kejahatan terbesar, mk sebelum kiamat terjadi Allah ingin diri yesus bersih dr fitnah kristen yg seolah2 menyatakan yesus mengajarkan keimanan ala mereka padahal yesus tdk pernah mengajarkan itu, mk Allah menurunkan yesus utk menyelesaikan fitnah sesat kristen ini dg cara menolak dan mengusir seluruh org yg mengaku beriman kristen baca baik2 pernyataan yesus dlm matius 7:15-23 perihal pengajaran sesat yakni pengajaran yg tdk pernah diajarkan yesus dan orang2 yg mengaku beriman sesat itu akan ditolak dan diusir yesus ayat 21-23, inilah pengakuan orang yg ditolak dan diusir yesus :
    Matius 7:21-23:
    1. Memanggil yesus Tuhan (hanya kristen yg memanggil yesus tuhan)
    2. Percaya dapat bernubuat demi nama yesus (hanya kristen yg percaya ini)
    3. Percaya dpt melakukan mukzizad demi nama yesus (hanya kristen yg percaya ini)
    4. Percaya dpt mengusir setan demi nama yesus (hanya kristen yg percaya ini)
    apakah anda beriman seperti ini? Jika iya mk itu artinya kalian akan ditolak dan diusir yesus kelak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan tidak mungkin allah yg menciptakan dunia ini ber agama islam. Sprti yg tertulis di alquran anda.

      Hapus
    2. Anda tidak memahami makna isi alkitab..jadi banyak jangan memelintir bunyi surat alkitab dan anda tidak paham arti tuhan jesus..saya tidak mau menjelekkan atau memelintir alkitab agama lain cukup hanya saya dan tuhan yg tahu semua itu,entar jadix meninbulkan syirik dan dosa seperti orang munak

      Hapus
  2. Bagus Krisen teruslah berkembang

    BalasHapus
  3. Agama Islam hanya agama yang diredhai Allah s.w.t

    BalasHapus
  4. Agama Islam hanya agama yang diredhai Allah s.w.t

    BalasHapus
  5. Dian kalau tidak memahami agama kristen dan isi alkitan jgn sembarang komentar, itu namanya menghina agama orang lain..anda tidak tahu siapa yesus dan tidak memahami firmannya..tapi sdh bicara sembarangan.

    BalasHapus
  6. Hubungan antarpemeluk Agama adalah berdasar Budi Pekerti Luhur, dan Budi Pekerti Luhur itu merupakan kewajiban utama yang ditekankan pada semua Agama. Jangan langgar kewajiban utama ini!

    BalasHapus
  7. YUK ! GABUNG BERSAMA KOMUNITAS VIPBandarQ
    Semua Bisa Anda Dapatkan di VIPBandarQ
    Kami Menyediakan Promo dan Bonus Menarik Untuk Anda Semua

    8 GAMES DALAM 1 USER ID
    BANDARQ | ADUQ | DOMINO99 | POKER | BANDAR POKER | CAPSA SUSUN | SAKONG | BANDAR66

    BIG & HOT PROMO !
    - Bonus Rollingan 0,3 % -
    - Bonus Referral Up To 15 % -

    Manjakan Diri Anda Dengan Fasilitas Termewah :
    - Pelayanan Customer Service yang Ramah dan Professional serta Siap Membantu 24 Jam
    - Proses Deposit dan Withdraw Super Cepat
    - 100 % Fair Play (Player vs Player , No Robot)
    - Withdraw Tanpa Batas

    Di Support 5 Bank Terbesar dan Ternama
    • BCA
    • MANDIRI
    • BNI
    • BRI
    • DANAMON

    CONTACT US :
    BBM : 55AB0E6C
    Line : vvipbandarq
    WhatsApp : +6285327913041
    Skype : VIP Bandar Q
    Instagram : vipbandarq9
    Twitter : VIP_bandarQ


    Your Number #1 BandarQ Online Indonesia
    LINK ALTERNATIF :
    - vipbandarq.biz
    - vipbandarq.org
    - vipbandarqq.net

    BalasHapus