Senin, 30 Agustus 2010

Kristen di Rusia

Federasi Rusia (Bahasa Rusia: Росси́йская Федера́ция, Alihaksara: Rossiyskaya Federatsiya)Tentang suara ini  dengarkan , atau Rusia (Bahasa Rusia: Росси́я, alihaksara: Rossiya), adalah sebuah negara yang membentang dengan luas disebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia.
 


















Gereja Ortodoks Rusia adalah agama Kristen yang paling dominan di Rusia yang membentuk sekitar 63-66% dari jumlah penduduk. Itu menjadikan Gereja Ortodoks Rusia menjadi agama dominan di Rusia .Islam adalah agama terbesar kedua dengan presentase 5-6% atau sekitar 15-20 juta, namun itu terlihat terlalu banyak karena menurut Roman Silantyev hanya ada sekitar 7-9 juta orang. Agama-agama lainnya termasuk berbagai aliran Protestan, agama Yahudi, Katolik Roma, dan agama Buddha. Agama seseorang umumnya tergantung etnis masing-masing. Suku Rusia kebanyakan beragama Ortodoks sementara orang-orang keturunan kelompok Turki beragama Islam terutama di negara bagian/Republik Adygea, Kabardino-Balkaria, Nogai, Dagestan, Karachay-Cheerkesia,dan Chechnya . Agama Buddha umumnya dianut oleh orang Buryatia, Tuva, dan Altai. Agama Shamanisme Altai dianut oleh orang Altai. Burkhanisme oleh orang di Republik Altai.

 Gereja Ortodoks Rusia (ROC); atau Patriarkat Moskow ( Rusia : Русская Православная Церковь (Russkaya Pravoslavnaya Tserkov), atau Московский Патриархат (Moskovskiy Patriarkhat) (sebutan terakhir ini adalah nama lain resmi   sejak tahun 1943, Поместная Российская Православная Церковь (Pomestnaya Rossiyskaya Pravoslavnaya Tserkov) sebelum reinstitution pada tahun 1943), juga dikenal sebagai Gereja Kristen Ortodoks Rusia, adalah kumpulan orang-orang Kristen yang merupakan suatu otosefalus Gereja Ortodoks Timur di bawah yurisdiksi Patriark Moskow , dalam persekutuan dengan Timur lainnya Gereja Ortodoks.
. ROC sering berkata  menjadi terbesar gereja-gereja Ortodoks Timur di dunia dan kedua setelah Gereja Katolik Roma antara gereja-gereja Kristen, berjumlah lebih dari 135 juta anggota di seluruh dunia dan tumbuh secara numerik sejak akhir 1980-an.  Sampai dengan 65% dari etnis Rusia dan persentase serupa Belarusia dan Ukraina mengidentifikasi diri mereka sebagai "Ortodoks". Menurut angka yang dikeluarkan pada tanggal 2 Februari 2010, Gereja 160 keuskupan termasuk 30.142 paroki dilayani oleh 207 uskup, imam dan 3.625 28.434 diakon. Ada 788 biara, termasuk 386 untuk laki-laki dan 402 perempuan. 

  ROC tidak harus bingung dengan Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia (juga dikenal sebagai Gereja Ortodoks Rusia di Luar Negeri, atau ROCOR), berkantor pusat di New York .  . ROCOR itu dilembagakan pada tahun 1920 oleh masyarakat Rusia di luar-Komunis Rusia kemudian yang menolak untuk mengakui otoritas dari Patriarkat Moskow yang dipimpin oleh Metropolitan Sergiy Stragorodsky .. Dua Gereja didamaikan pada tanggal 17 Mei 2007; ROCOR sekarang menjadi bagian pemerintahan sendiri dari Gereja Ortodoks Rusia.
ROC juga tidak harus bingung dengan Gereja Ortodoks di Amerika (OCA), Ortodoks Timur otosefalus gereja di Amerika Utara.
 
 Katedral St. Basilius terletak di Lapangan Merah Moskow, Rusia. Sebuah gereja ortodoks Rusia yang menampilkan warna-warni cerah kubah-kubah lancip yang menjulang ke satu titik. Kubah-kubah menyerupai bawang aneka warna itu merupakan bagian dari pemandangan udara Kremlin, Moskow.
Katedral ini didirikan oleh Ivan Sang Perkasa untuk memperingati penangkapan Khanate dari Kazan. Pada tahun 1588, Kaisar Fedor Ivanovich menambahkan kapel pribadinya di sisi timur bangunan utama, tepat di atas makam St. Basilius Pecandu Kristus, seorang kudus dari Gereja Ortodoks Rusia, sehingga kemudian katedral itu terkenal dengan nama Katedral St. Basilius.
Sebelum dan setelah Revolusi Oktober November 7, 1917 (25 Oktober Old Calendar) ada gerakan di dalam apa yang menjadi Uni Soviet untuk menyatukan seluruh orang di dunia di bawah pemerintahan Komunis (lihat Komunis Internasional ) Ini termasuk negara-negara blok Eropa Timur serta Amerika Balkan.  Sejak beberapa negara Slavia terikat warisan etnik mereka ke gereja-gereja etnis mereka, baik bangsa dan gereja mereka menjadi sasaran oleh Soviet.  . Uni Soviet adalah negara pertama yang memiliki sebagai tujuan ideologis penghilangan agama.  Mencapai tujuan itu, rezim Komunis menyita properti gereja, agama ditertawakan, dilecehkan beriman, dan ateisme disebarkan di sekolah-sekolah.. Tindakan terhadap agama tertentu, bagaimanapun juga, sangat ditentukan oleh kepentingan Negara, dan yang paling terorganisasi agama tidak pernah dilarang.  imam Ortodoks dan orang percaya yang berbeda-beda disiksa , dikirim ke kamp-kamp penjara , kamp kerja paksa atau rumah sakit jiwa , dan dieksekusi Banyak Ortodoks (bersama dengan orang-orang dari agama lain) juga dikenakan hukuman psikologis atau penyiksaan dan pikiran kontrol eksperimen untuk memaksa mereka melepaskan keyakinan agama mereka. 
 Ribuan gereja dan biara diambil alih oleh pemerintah dan baik dihancurkan atau diubah untuk menggunakan sekuler.  Mustahil untuk membangun gereja baru. . Mempraktekkan Kristen Ortodoks dibatasi dari karir terkemuka dan keanggotaan dalam organisasi komunis (partai, yang Komsomol ).. propaganda anti-agama secara terbuka disponsori dan didorong oleh pemerintah, yang Gereja tidak diberikan kesempatan untuk menanggapi secara publik. . Pemuda pemerintah organisasi, Komsomol , mendorong anggotanya untuk vandalisme Gereja Ortodoks dan melecehkan hamba-hamba. Seminaries were closed down, and the church was restricted from using the press. Seminari ditutup, dan gereja itu dilarang menggunakan pers.. Sejarah Gereja Ortodoks (dan agama lain) di bawah Komunisme tidak terbatas pada kisah ini dari penindasan dan sekularisasi. Bolshevik kebijakan terhadap keyakinan agama dan praktik cenderung terombang-ambing selama waktu antara, di satu sisi, tekad utopis untuk menggantikan rasionalisme sekuler untuk apa yang mereka dianggap sebagai, unmodern "takhayul" pandangan dunia dan, pada penerimaan, lain tenaciousness yang pragmatis iman keagamaan dan lembaga. Dalam kasus apapun, keyakinan agama dan praktik tidak bertahan, dan swasta di bidang domestik tetapi juga di ruang publik yang tersebar diizinkan oleh sebuah negara yang diakui kegagalan untuk membasmi agama dan bahaya politik dari budaya perang tak henti-hentinya.
Pada bulan November 1917, setelah runtuhnya pemerintah tsar, sebuah dewan gereja Ortodoks Rusia membangun kembali patriarkat dan terpilih sebagai Tikhon metropolitan sebagai patriark. Namun pemerintah Soviet baru segera mendeklarasikan pemisahan gereja dan negara dan menasionalisasikan semua tanah gereja-diadakan. Langkah-langkah administratif diikuti oleh penganiayaan brutal negara-sanksi yang mencakup grosir kehancuran gereja dan penangkapan dan eksekusi banyak ulama. . Ortodoks Rusia gereja lebih lemah pada 1922, ketika Gereja Merenovasi, gerakan reformasi yang didukung oleh pemerintah Soviet, memisahkan diri dari Tikhon sebuah gereja Patriark (juga melihat Yusuf dan Rusia True Gereja Ortodoks ), dipulihkan sebuah Kudus Sinode kekuasaan, dan membawa divisi antara ulama dan setia.
Dalam lima tahun pertama setelah revolusi Bolshevik, 28 uskup dan 1.200 imam dieksekusi. 


ada hal yang unik mengenai Kekristenan di Rusia,
01 November 2005,2 juta kaum etnik Muslim menerima pembaptisan di Rusia sementara hanya 2500 orang Rusia masuk Islam

Moscow, November 1, Interfax - Jumlah etnik Muslim Rusia menerima agama Kristen mencapai 2 juta, wsementara jumlah Orthodox yagn masuk Islam hanya 2500, kata Roman Silantyev, executive secretary of the Inter-religious Council in Russia.  
‘Kristenisasi terjadi bukan sebagi hasil aktivitas misionaris tetapi karena pengaruh budaya Rusia yagn jelas memiliki akar Kristen', kata Silantyev dalam wawancara dng mingguan Itogi.
Menurut Silantyev, mereka2 ini Muslim sejak lahir (muslim ktp), sementara mereka yang ‘benar-benar mengikuti nilai-nilai islam dan menghadiri sholat jumat secara teratur jarang pindah agama’.
‘Asimilasi etnik dan religius adalah proses tidak dapat dihindarkan masyarakat manapun. Di Russia hal ini dipercepat karena kegiatan ekstrimis’, kata periset Islam ini.
Contoh, katanya, akibat peristiwa di BESLAN, penduduk Muslim di Ossetia Utara berkurang dgn 30%, sementara di Beslan sendiri, dimana tadinya Muslim adalah 30 sampai 40% jumlah penduduk, jumlah mereka sekarang berkurang sampai setengah.

‘Seperti ditegaskan oleh sumber2 Muslim sendiri, setiap terjadinya aksi teroris, ribuan dan bahkan PULUHAN RIBUAN MUSLIM ETNIK MENINGGALKAN ISLAM’, Silantyev berkata.

Sementara itu, para pakar mengatakan jumlah kecil Ortodox yang masuk Islam dalam 15 tahun ini adalah karena ‘orang Rusia lebih suka bergabung dengan sekte2 daripada dengan Islam’.

http://www.interfax-religion.com/?act=news&div=513

1 komentar: